Searching...
Home → → Tutorial Membuat Animasi Orang Berjalan

Tutorial Membuat Animasi Orang Berjalan

Selasa, 15 Juni 2021
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat animasi orang berjalan dengan menggunakan aplikasi blender, saya akan membuat animasi orang berjalan dengan sesederhana mungkin, kita akan membuat 2 versi, yaitu versi pertama yang sangat sederhana, dimana kita hanya menggunakan 1 animasi bergerak, dan versi yang kedua dimana kita akan menggabungkan beberapa animasi bergerak.

Langkah awal yaitu kita harus mencari 3D Model, pada kesempatan kali ini kita akan mencari 3D model pada website www.free3d.com.


Pada website www.free3d.com kita akan mencari animasi orang yang akan kita pakai. Kita akan mencari dengan kata kunci “Character”, lalu pilih 3d model yang ingin di pakai.



Jangan lupa untuk melihat format file nya, cari format file FBX, OBJ, atau BLEND.

Sebagai contoh kita akan menggunakan 3d model yang gratis yaitu “Male Base Mesh”


Kemudian kita download

Jika sudah kita kunjungi website www.mixamo.com , kemudian sign up / login terlebih dahulu.


Jika sudah login maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini


Kemudian kita “Upload Character” terlebih dahulu


Disini kita bisa drag and drop file 3d model nya, bisa dengan format FBX, OBJ, DAN ZIP.



Jika sudah tunggu sampai character nya terupload



Jika sudah terupload maka akan muncul seperti gambar dibawah ini, lalu klik next


Kemudian kita harus letakkan Chin, Wrists, Elbows Knees, dan Groin seperti contoh yang terdapat pada gambar dibawah

Jika sudah klik next


Kemudian kita akan mencari animasi gerakan “start walking” untuk memulai animasi orang berjalan.


Pada gambar dibawah ini akan muncul animasi bergerak “start walking” dengan beberapa pilihan, seperti yang berwarna biru untuk animasi gerakan pria, dan pink untuk animasi gerakan wanita, serta gerakan untuk prajurit


Jika sudah kita klik download seperti gambar dibawah ini



Kemudian kita akan mencari gerakan lainnya seperti walking, running atau jump, caranya sama seperti di atas ketika kita mencari animasi gerakan “start walking”

Jika animasi gerakan sudah di download semua, langkah selanjutnya kita akan mengeksekusi gerakannya pada aplikasi blender.


Jika sudah maka akan muncul tampilan awal blender seperti gambar dibawah ini. 



Kemudian kita import file fbx dari mixamo tadi dengan cara klik File - Import - FBX(.fbx)


Jika sudah maka akan muncul file yang kita import seperti gambar dibawah ini



Lalu ubah ke Dope Sheet

Dan ubah ke Action Editor

Jika sudah kita select tulangan nya lalu ubah nama menjadi "start"

Lalu kita select tulang dan badan nya dengan menahan tombol shift pada keyboard

Selanjutnya tekan M pada keyboard, kemudian klik New Collection

Lalu isi sesuai dengan file yang kita import, lakukan sampai semua file telah di import. Cara ini hanya untuk mempermudah kita untuk mengeksekusi animasi nya.

Kemudian kita split area dengan menggunakan Horizontal Split

Lalu pada area kedua kita ubah menjadi Nonlinear Animation

Jika sudah maka area nya akan terbagi menjadi dua seperti gambar di bawah ini

Jadi pada bagian ini menentukan kita akan menggunakan berapa animasi gerakan, jika kita hanya menggunakan 1 animasi gerakan, kita tidak perlu menambah animasi gerakan lainnya, tetapi jika kita ingin me repeat atau memperbanyak durasi geraknya, kita bisa menggunakan fitur repeat, caranya kita arahkan kursor pada area Nonlinear Animation, kemudian tekan N pada keyboard, maka akan muncul tampilan setting seperti gambar di bawah ini
"Dari gambar di atas terdapat fitur repeat 1.000 yang berarti animasi gerakan nya hanya di ulang 1 kali, jika kita mengubah nya menjadi 3.000 maka animasi gerakannya akan berulang menjadi 3 kali"

Akan tetapi jika kita menggunakan fitur repeat maka kita perlu menyesuaikan lagi, karena fitur repeat ini akan mengulang animasi nya dari posisi awal, sehingga kita perlu merubah posisi nya ke akhir pada setiap perulangan.

Berikut ini cara untuk menyesuaikan gerakan nya, yaitu kita perlu menggunakan icon cursor, kemudian arahkan ke gerakan terakhir pada perulangan ke-1 nya.


Contohnya seperti pada gambar di bawah ini, arahkan cursor ke bawah tumpuan kaki ketika dia akan berpindah ke perulangan ke-2, misal perulangan ke-1 berakhir pada angka 31, dan perulangan ke-2 dimulai pada angka ke 32.


Jika sudah kita tandain, kita akan menggukan icon move untuk menggeser animasi nya

Caranya pada bagian bawah animasi terdapat panah berwarna hijau, kita dorong hingga tumpuan kaki nya menyentuh tanda dari icon cursor yang sudah kita tandai sebelumya. Perlu di ingat kita harus menggeser animasi nya pada angka 32 yaitu ketika perulangan selanjutnya akan dimulai.

Kemudian jika sudah di pindahkan kita perlu menekan tombol I pada keyboard, lalu memilih location untuk memberi tanda bahwa perulangan ini lokasi mulai nya akan di pindah sesuai tempat yang kita arahkan tadi.

Lakukan cara yang sama hingga selesai, misal kita me repeat 3 kali, maka kita harus melakukan cara di atas sebanyak 3 kali juga.

Cara di atas untuk membuat animasi dengan sederhana yaitu dengan 1 animasi gerakan saja. Bagaimana jika kita menggunakan beberapa animasi gerakan? apakah tetap bisa di jadiin satu? Tentu saja bisa, caranya seperti berikut ini.

Pada bagian Nonlinear Animation kita hanya perlu klik Add lalu pilih gerakan nya yang sudah kita import terlebih dahulu seperti di step awal tadi.


Untuk cara penggabungan nya sama saja seperti cara di atas, perlu menggunakan icon cursor dan move.

Selanjutnya kita akan membuat tempat untuk animasi nya berjalan, yaitu dengan cara klik Add - Mesh - Plane.  atau bisa juga dengan Shift + A

Lalu ubah dari Object Mode ke Edit Mode. Untuk mempermudah kita mengedit Plane nya atau Lintasan nya
Setelah itu kita perlu menyesuaikan plane atau lintasan sebagai alasnya dengan cara menekan tombol S pada keyboard untuk mengatur besar & kecilnya suatu objek, sedangkan tombol Y untuk mengatur panjang suatu objek.


Untuk mengubah warna dari Lintasan nya, kita perlu klik lintasan nya terlebih dahulu, kemudian pilih Material Properties, lalu klik Use Nodes dan pada bagian Base Color ganti sesuai dengan warna yang kita inginkan.

Lakukan cara yang sama untuk memberi warna pada tubuh animasi nya.

Dan untuk bagian shadow atau bayangan, kita perlu pergi ke pengaturan shading, lalu pada bagian shadow kita ubah sesuai dengan posisi bayangan yang kita mau seperti gambar dibawah ini


Jika sudah menentukan warna nya dan membuat shadow/ bayangan nya, maka tampilan nya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.


Pada bagian Output Properties kita perlu memperhatikan lokasi kita akan menyimpan file nya dan File Format nya disini saya menggunakan FIle Format FFmpeg Video

Jika sudah kita matikan shadow overlay nya agar tulangan nya tidak keliatan nanti nya.

Selanjutnya langkah terakhir kita akan merender animasi nya, bisa dengan mengklik Render - Render Animation



Atau dengan cara klik View - Viewport Render Animation


Dan untuk hasil akhirnya bisa kita lihat dibawah ini :

Untuk Versi 1 Gerakan Animasi (Walking) :

Link Youtube : https://youtu.be/Omu2Vq9Ff3I



Untuk Versi Lebih dari 1 Animasi Gerakan (Start walking - Walking - Stop Walking :

Link Youtube : https://youtu.be/-XCcj3NzDRw


Demikianlah Tutorial Animasi Orang Bergerak yang bisa saya jelaskan dengan sejelas mungkin. Semoga dapat di pahami. Terima Kasih :)

Tugas Pengantar Animasi & Desain Graf# Nama : Alvin Arshy Prayoga Npm : 17118649 Kelas : 3KA32
































































Advertise Here
www.prayoga00.blogspot.com
300x250

0 Komentar Untuk "Tutorial Membuat Animasi Orang Berjalan"

Terimakasih atas komentar Anda di "Tutorial Membuat Animasi Orang Berjalan"